Namaku Nadhifa Kayla Putri Wicaksono, Ayahku Jatmiko Wicaksono dan Bundaku Ike Mayasari mereka memanggilku Kay, Aku lahir pada hari Selasa, 19 Februari 2008, di kota Purwokerto, Jawa Tengah Sebelah Barat. Sekarang aku tinggal di Puri Langen Estate Baturraden Purwokerto

Thursday, May 28, 2009

11 tahun ga Kopdar

Bunda punya cerita tentang temen lama Bunda, namanya Santy Lusiani. Bunda temenan ma santy dari SD, tepatny kita temenan dari kelas 4 SD (deketnya). Waktu itu, kita mulai deket karena dudukny deketan, ga sebangku sie, tapi deket. Waktu itu, peraturan di kelas kami, yang cewek duduk ma cowok (katanya biar ga ribut, padahal sama aja ribut juga Animated Emoticons). Bunda sebangku sama Rio Nurelawan, anaknya putih trus jago taekwondo. Trus santy sebangku sama Afrizal Sarumpaet, anaknya item dan setia banget ma santy Animated Emoticons(hihihihhihihi). Kita dudukny depan belakang ma anak dua itu, kalo ga salah Bunda ma Rio duduk di depanny Santy ma Afrizal. Sebenernya, Bunda sebel sama Rio, soalnya selain nie anak suka banterrrr banget kalo ngomong, juga suka punya kebiasaan jelek ngeluarin suara babi ngepet yang lagi mendengus-dengus Animated Emoticons(jijik banaget) apalagi, kalo lagi ga ada guru dikelas. Tapi sebelnya Bunda, alhamdulillah diantisipasi ma deketnya Bunda ma Santy, karena dia yang kadang bikin Nda ga terlalu peduli lagi ma Rio, karena kalo Rio lagi ngeluarin suara babi, Santy ma Nda punya kegiatan lain, kayak nggosip, ngemil ma baca buku (santy puny perpustakaan dirumahnya, setiap ada komik baru, terutama candy-candy ato mari-chan ato pop corn terbaru, pasti di launch dulu ma aku, Animated Emoticonsheheeheheheeh)

Akhirnya, lama-lama Kita jadi makin deket, Santy orangnya asik, easy going, pinter tapi ga belagu, walaupun, kalo ketawa menggelegar sekali Animated Emoticons. Kalo nda pulang sekolah, dan ga naik bus sekolah, biasanya pulang ke rumah santy dulu, nyewa buku. Trus pas dalam perjalanan pulang ke rumahnya Santy di jalan Gandaria No.4 (sampe apal sampe sekarang), (rumahnya santy ada dalam 1 komplek dengan sekolah), biasanya sebelum pulang, kita mampir di pinggir kolam buatan (ada tamannya), buat beli pempek. Taman yang ada kolam ditengahnya ini biasa disebut kolam teratai (banyak sekali teratai di kolam ini, dan kalo ga salah taman ini juga berada di jalan teratai, di depannya persis ada Rumah Sakit Pusri). Pempek yang dijual, ueeenakkkk banget, mak nyusss, nendang bangetAnimated Emoticons.....Macem-macem jenis pempek yang dijual disini,dari pempek isi telur (kalo g salah, waktu itu pempek kapal selam ga dijual, soalnya ukurannya terlalu besar, jadi yang jual milih pempek yang kecil-keci aja). Selain pempek telur, ada juga pempek isi tahu, pempek kulit(warna pempek ini item, kadang-kadang masih kita temuin ada duri-duri halus didalamnya, karena tebuat dari kulit ikan), pempek lenjer, penpek adaan, dan pempek keriting (pempek yang nda suka, karena teksturnya halus dan unik karena keriting, tapi lembut sekali karena pempek keriting jarang digoreng, hanya dikukus, rasanya mantappp). Harga pempek-pempek nikmat ini, kalo Nda ga salah, masi 500 perak/satuan. Makan empek-empek ditemenin kuah (cuka) yang kentel dan pedes, makan siang-siang di bawah puun yang rindang di sekitaran kolam teratai, ga ada duanya tuh....heheheehehehheheh (jangan sampe lupa, kita makan berapa, ntar korupsi pempek lagi, heheehehehehAnimated Emoticons).....Yang jualan pempek adalah simbok-simbok jawa, masi suka pake kebaya untuk atasan dan kain batik untuk bawahannya, tapi walau keliatan jawa banget, simbok2 ini pake bahaso wong kito,

Biasanya, Kalo Bunda pulang ke Palembang, setahun sekali (biasanya lebaran, biasanya Bunda nyempetin ke tempat Simbok ini (ternyata sampe sekarang, simbok ini masi jualan di tempat yang sama, dengan menggunakan tenong untuk wadah pempek yang sama persis seperti yang dulu Nda liat dulu, dan masi pake mangkuk (cup) kecil-kecil warna ijo, biru ma kuning untuk tempat cuka. Harga pempek yang dijual sekarang nggak sama kayak belasan tahun yang lalu, sekarang pempek-pempek ini dijual 1500/satuan. Tapi,dari segi rasa, tetep sama,nggak beda dari dulu.....bedanya, Nda kadang beli buat dibawa pulang dan kadang nyicip satu buat dimakan ditempat simbok itu jualan, tapi nggak bareng ma temen-temen lama Bunda (kayak Santy, Caca, ludi, Orizka dll yang juga fans pempek kolam teratai ini, hiks....Animated Emoticons).

Animated EmoticonsWaduh...ceritanya melebar ternyata.....pokoknya, sebelum pulang ke rumah santy, Nda pastiin makan di tempat simbok itu dulu, buat ngganjel perut, heheeheheh. Kalo dah selesai, baru dewh tempat santy, rumahnya adem, banyak puun disekitarnya, biasanya kita disambut sama Om Dardono (papanya Santy), Om ini fungky juga, soalnya dia banyak tau temen-temen santy, soalnya Om dardono ini yang kadang jagain perpustakaan, jadinya hapal nama ma muka temen-temen santy, apalagi anak-anak yang suka telat ngembaliin buku (hiks,termasuk aku Animated Emoticons,...). Kalo dah nyampe perpustakaan, Bunda langsung milih buku, baca resensi bentar trus langsung dicatet ma Santy (soalnya takut telat pulang ke rumah). Harga buku persatunya 75 rupiah, trus dendanya 50 perak. Bunda suka minjem Asterix, lupus, Olga, detektif STOP, novel-novel-nya Judy Blume, Candice f ransom (kobie cs), kisah The Baby sitter, kisah serem Fear street, michel si kucing kuning, pipi si kaus panjang, ma komik-komik lain (conan, sailor moon, dora emon, topeng kaca, marie antoinette, miu-miu dan masi banyak lagi.....)

Seru-seruan bareng ma Santy, ga sampe situ, kalo kita pengen nonton film yang bagus (pas SMP), kayak titanic, G.I Joe, scream, biasanya Bunda ma Santy minta ditemenin mamany santy (namanya Tante Lena), biar kalo ditanya macem-macem ma satpam 21Animated Emoticons, ada mamany santy yang jawab Animated Emoticons(heheeheh), karena santy puny adek, namany Maia yang masih TK, jadiny mamany santy juga bawa si Maia ke bioskop. Untungny Maia kalo di bioskop ga rewel, dia betah nonton sampe habis filmnya...Animated Emoticons

Cerita ma santy, ga sampe situ aja, dulu pas kita kelas 6 SD, kita kalo istirahat siang, kan kadang males jajan terus, jadiny kita milih main yang agak jauhan, di bawah pohon yang rindang sambil liat suasana lapangan atletik yang luas yang suka dipake temen-temen (terutama cowok), main kasti, main benteng, main petak-umpet sama main tali. Santy awalnya yang liat, ada cowok, orangnya putih, tinggi, mukanya biasa, standarlah Animated Emoticons...tapi santy suka Animated Emoticons....Beberapa kali kami intai nih cowok, ternyata namany Tondy, kelas 5. mmm...santy mulai beraksi, tapi lama-kelamaan gagal mulu jurus2nya..... ya udahan dewh kisah berakhir pilu, GATOT (GAGAL TOTALLY)Animated Emoticons

Waktu kita kelas 1 SMP (lupa-lupa inget juga), kita ikutan ekstrakurikuler tata boga, waktu itu ujian akhirny disuruh buat makanan/hidangan makan siang. Aku sama Santy kebetulan sekelompok dan sama-sama ga bisa masak, y udah kelompok kami terpaksa berbohong Animated Emoticonsma bu Tatiek (guru tata boga), yang masak bukan kita, tapi minta tolong mamany santy buat masakin. Laukny kita pilih yang sederhana, tapi mantep : Sayur asem, pake nasi anget, empal daging, goreng emping, ma sambel terasi....mantepppp, gara-gara Tante Lena, kita dapet juara 1 tata boga kenaikan kelas 1 ke kelas 2, makasie Tante lena.....Animated Emoticons

Banyak banget sebenernya cerita kenangan lama ma Santy, tapi selepas perpisahan SMP Pusri, Shanty ma keluarga mutusin buat pindah ke Salatiga Animated Emoticons, Jawa Tengah...kami prakis jarang ketemuan lagi, cuma sebatas sms-an, email ato YM-an.

Pas Santy lagi liburan semesteran, dia mutusin pulang ke Sala3 (Santy ngelanjutin S.2 di Malaysia). Bunda akhirnya ngerencanain KOPDAR ma Santy, secara dah 11 taun g ketemu...
Bunda ke Sala3 ma Kay, atdinya Ayah mau ikut, tapi karena Vacancy Hotel tempat Ayah kerja lagi mau naik menjelang liburan, akhirnya Ayah nggak bisa nemenin... Animated Emoticons:(

Bunda ma Kay berangkat hari Kamis naik bus Nusantara, kita berangkat dari Purwokerto jam 2 siang. Bus ini lumayan comfort (dibanding bus ekonomi), karena letak kursiny lumayan lebar. Kay juga ga rewel, tidur ma makan roti isi keju ma daging (sempet dibeliin Ayah sebelum berangkat). Kami nyampe jam 18.30 di terminal Bawen. Harusnya dari terminal ini, Bunda nyambung naik bus ke Terminal tingkir yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan. Tapi, Thanks God, anty ma keluarganya jemput di Bawen, jadi Nda ga repot lagi nyambung bus. Perjalanan 5 jam naik bus, lumayan bikin Kay ma Bunda capek, tapi setelah ketemu santy, tante Lena ma Dek Maia, akhirnya cair juga kesel-nya. Pertamakali menginjakkan kaki di Salatiga, suasanany tenang, jalanan g macet dan udaranya dingin. Perjalanaan dari Bawen ke tempat Santy tinggal sekitar 30 menit, sebelum nyampe rumah, Tante Lena ngajak makan dulu. Kami berhenti di sebuah Warung Nasi Rames yang lumayan rame pengunjungnya. Setelah diliat, ternyata rames-an ini banyak sekali varian menu-nya, lumayan lengkap, Dari yang sudah dimasak dan siap dimakan sampe yang harus diolah terlebih dahulu ( seperti tongseng, gule, ayam bakar). Bunda akhirnya menjatuhkan pilihan pada gellatin (bistik) sama sop, Santy milih sayur asem ma tahu, tante Lena ma Dek Maia makan ayam goreng ma oseng-oseng tempe. Rasa ramesanny enak, nendang, kebanyakan manis, tapi disetiap meja ada cobek yang isinya sambel, jadinya rasanya komplit manis pedes.

Habis makan, kita ngelanjutin perjalanan ke rumahnya Santy, ternyata Bunda ma Kay dan Santy malem ini disuruh istirahat di penginapan keluarga Santy yang ada di Jalan Sumopuran. Penginapan dengan dominasi warna ijo ini asri banget (sesuai nama penginapannya yang juga "Penginapan ASRI"). Ada sekitar 20-an kamar di penginapan 2 lantai ini. Kamar2 ini pas Bunda datang memang lagi ga ada orang yang nginep, kata Santy memang lagi sepi soalnya lagi ga ada even di Sala3 (keluarga Santy termasuk selektif milih tamu yang boleh nginep). Setelah nganterin Bunda ke penginapan, Mama Santy dan Dek Maia pulang. Kay seneng ma kamar yang kami tempati (kamarnya ga begitu luas, tapi nyaman sekali dan bersih). Karena dah lumayan capek, Kay mandi dan siap2 bobok Animated Emoticons. Sembari Bunda mimiki, Santy ma Bunda siap dengan segala bahan ceritaan selama 11 tahun ini hahahaahahahaahahah. Kita ngobrol sampe tengah malem dan tepar karena kehabisan bahan ceritaan wkwkwwkwwkwkAnimated Emoticons

Paginya (sebelum Santy bangun), Bunda ma Kay dah rapi jali. Bunda nyuapin Kay ma kasi susu selagi Kay keliling-keliling halaman penginapan. Suasananya tenang (karena masuk gank) dan hawa segarnya kerasa. Sehabis mandi, Santy ma Bunda memulai perjalanan wisata kuliner....
Sarapan ini, kita makan di sebuah warung bakmi. Warungnya ga besar, tapi yang dateng juga rame banget. Kata Tante lena, makanannya disini enak2. Kita pilih makan mie ayam komplit (isi mie ayam plus pangsit plus baso), soto semarang (khasnya pake mangkuk kecil), pangsit goreng dan bubur ayam (buat Kay). Untuk kudapanny, kita nyobain sosis solo dan lumpia yang mantepp banget rasanya. Mie ayamnya buatan sendiri, kenyal, dan rasanya nendang, kuah dan racikan ayamnya khas banget. Sotonya enak pake pelengkap sate tempe, usus ma jerohan, bubur ayam juga dihabisin Kay. Hmmm yummieee....., ga nyesel dewh kesini...Animated Emoticons

Abis makan, kita nyusurin jalanan-jalanan di kota sala3, tadinya mau ke Semarang (untuk ke Semarang, perjalanannya 1 jam) tapi, karena Bunda ga bisa lama-lama ninggalin Ayah, dan mau pulang sorenya, jadinya ga jadi ke Semarang. Sepanjang jalan yang kita lewati, banyak penjual bunga yang menjajakan bunga seger2 dan warna-warni hm....kepingin beli, tapi ntar layu aja nyampe rumah, jadinya cuma ngeliat-ngeliat sambil terkagum-kagum sama Allah yang udah menciptakan segala hal di dunia dengan sesempurna bunga itu. Selain bunga, banyak juga penjaja sayur2an (ada wortel, kol, terung, sawi, brokoli) .Para pedagang ini datang dari berbagai kota disekitar sala3. Dari Magelang, Wonosobo, Solo, maupun dari Sala3 sendiri. Pasar rakyat meiah dengan berbagai jenis sayur dan bunga.

Menurut cerita dari Mamanya Santy, Sala3 terkenal sebagai kota transit, kota ini letaknya strategis dan saling berdekatan dengan kota-kota seperti Semarang (1 jam perjalanan), Magelang (1 jam perjalanan), Solo (1 jam perjalanan) dan Jogya (sekitar 2 jam perjalanan). wah jadi nambah pengalaman nie, selaion sebagai kota transit Sala 3 punya wisata agro sayuran, namanya daerah Kopeng. Daerah ini terkenal dengan udaranya yang sejuk dan menjadi tempat wisata alternatif selain museum kereta api di Ambarawa. Setelah muter2, kita pulang ke penginapan buat istirahat dan ngobrol-ngobrol lagi.

Sebelum pulang, Bunda nyempetin ke rumah Santy yang ada di Jalan Ahmad Yani, rumahnya ini peninggalan Eyangnya. Letaknya dipinggir jalan raya besar, dari depan ga terlalu menarik (karena dari depan yang terlihat cuma rolling door berwarna kuning dan garasi mobol). Tapi setelah masuk dalem, ternyata luas dan asri. Kalo kata Bunda, rumah santy ini ditata ga jauh beda dari rumah Santy waktu di Palembang dulu, hehehehehe. Dapur, ruang keluarga, ruang tamu tertata sama seperti waktu Bunda masi suka main ke rumah santy yang di Palembang....Animated Emoticons

Buku....oh...buku-buku koleksi Santy yang dah bejibun jumlahnya masi tertata di ruang keluarga. Ah, bunda ga mau nyia-nyiain kesempatan, Bunda bernostalgia dengan buku-buku lama ini....sama seperti dulu, ada serial STOP, Komik, Petualangan, dongeng...still da same....Animated Emoticons

Pulangnya, Bunda dibawain banyak sekali buku buat Kay dan buku-buku favorit Bunda....ahahaahahahaahahah Animated Emoticons, senengnya......sumpahAnimated Emoticons!!!! seneng banget, Bunda penggemar buku......hore....makasih Santy.....makasih buat liburannya yang "unforgettable ini" ^_^Animated Emoticons





Monday, May 11, 2009

Holiday Part One

Musim long wiken gini, kami sekeluarga liburan ke Jogja sekalian tengokin Mbah buyut dari bunda lagi sakit, dan juga mo ketemu sama sepupu-sepupu Kay.

Berangkat dari Purwokerto hari Jum'at Sore jam 4, abis Ayah pulang ngantor, karena lagi long wiken, bus yang kami naiki penuh. Beberapa orang antri buat dapetin tempat yang nyaman. Kami sebenernya ga dapet tempat, tapi karena kemurahan hati dan otak-atik si kernet, akhirnya dapet deh tempat. Kay seneng, semangatnya berkobar, feel-nya bagus, jadi ga rewel sama sekali. Bus bergerak dari terminal Purwokerto jam 4 lebih dikit, perjalanan lancar dan kami nyampe di Jogya jam 8 lebih... Jogya, we're coming!!http://1.1.1.1/bmi/www.addemoticons.com/emoticon/love2/AddEmoticons10312.gif

Malem pertama ini, kami nginep di tempat temen lama, namanya Mas Doni ma Mbak Zainab. Soalnya dah janji mo kasi dokumentasi pernikahan yang udah diedit ma Ayah. Mas Doni ini dosen ISI Jogya jur. Desain Interior dan jago banget ngedesain interior rumah sampe disain prodak. Kalo Mbak Zainab, kerjanya juga Di ISI sekantor ma Mas Doni, tapi beda divisi.

Nyampe tempat mas Doni, Kay bukannya istirahat, tapi keliling sana kemari (maklum, envi rumahnya kan beda ma rumahnya Mas Doni, jadi maunya Kay menjelajah semua ruangan dulu, setelah puas, baru deh tidur jam 10-an malem...pzzz...zzz, have a nice dream babe)

Kukuruyuk....
"Jajan-jajan....jenange'e Mbak, mangut lele..., jangan gudeg..., telo rebus...." suara ibu-ibu kenceng banget memulai hari pertama kami diJogya. Buat Kay yang biasanya di rumah selalu sunyi senyap di pagi hari, mendadak melek trus teriak..."akh...aiyaiyo.." pake bahasa tarzannya, ga tau sebel karena tidurnya terganggu ato kaget ....hehe, met pagi sayang, we are in Jogya today.... setelah rapi mandi ma kasi Ky sarapan, Kami pamit pergi dulu.

Sebelum kemana-mana, Kay main di Alun-alun kidul. Ditempat ini, banyak mainan bocah, nyampe sana jam 8 pagi, masi rame sepeerti biasanya. Mungkin jadi karena lagi ada parte yang lagi ngadain acara di sana, dan kebanyakan juga bawa anak-anaknya. Permainan awal, as warming up (hehehehe), dipilih main becak mini dulu. Ayah as "mamang becak" terampil bawa Kay as "passenger" ngiterin alun-alun gitu. Kayla enjoy aja duduk sendiri memegangi tas perlengkapan bayinya sambil mengangkat kaki ke kanan dan kekiri.... (lagu fav Kay). Kay main becak sekitar setengah jam dan bayar hanya 5000 (cheap enough).


putrikay


Kay ngabisin sekitar 2 jam-an dialun-alun Kidul ini, nggak ada yang berubah dari sejak kami tinggalkan dulu, dua pohon beringin masih berdiri teduh tepat ditengah alun-alun, hanya saja semakin banyak pedagang asongan dan jasa "hiburan anak" kayak becak mini, rental kuda, kereta kambing, rental APV, mandi bola, and masi banyak yang laen-laen. Ga lupa juga, setiap ke alun-alun, pasti ngeliat kandang gajah (milik kraton Jogja) yang berisi dua gajah dewasa dan anak-anak. Karena Kay belum ngerti banget ma hewan satu ini, kami hanya melihat sesaat sebelum pergi ke tempat Embah Buyut yang algi sakit.

Lama ga ke Jogya, jadi kangen ma Gudeg Jogja. Rasane beda sama yang di Purwokerto, sama-sama nikmatnya tapi kalo di Purwokerto, ga ada bumbu petisnya, jadi kurang lengak 10% rasa nendangnya. Kami makan gudeg di Wijilan,"Kampong-nya Gudeg", disini berjejer penjual Gudeg dah sten-bei dari pagi sampe malam buat para pengunjung yang mau menikmati kuliner asli Jogya satu ini. Biasanya sih, Nda ma Ayah langganan Gudeg Bu Ceriwis yang mangkalnya daerah perempatan Dongkelan (deket ma rumah Enda), meskipun ga didaerah wijilan, tapi rasanya ga kalah ma gudeg Wijilan.

Nda ma Ayah pilih lauk telur ma gudeg lengkap, kami berdua kurang suka pake lauk macem-macem selain telor atau tahu ma tempe. Telor yang dipake untuk pelengkap Gudeg, dimasak sampe berwarna merah dan kuning telur yang terdapat didalem telurnya rasanya agak keset, konon kata temen, pas masak telornya, biasanya ditambah juga daun jambu didalam air rebusan telur bersama bumbu lain. Makanya, rasanya enak. Lebih enak daripada baceman ayam kampung (menurut Nda ma Ayah seh)...

Abis sarapan niatnya mo ajakin Kay ke Pasar Ngasem tapi Kaynya malah tertidur pulas di pangkuan Bundanya, jadi kita langsung meluncur aja ke rumah Mbah Buyut yang lagi sakit ...

Sorenya ngajak Semua keponakan berenang di IKIP.

putrikay

Sunday, May 10, 2009

SOLO, the spirit of java

SOLO, the spirit of Java hari kedua liburan kami.
Rencananya, kami naik kereta Pramex dan ngajak keponakan juga (Ikbal ma Akbar), tapi mereka ada kegiatan di sekolahan selama liburan. Ya udah jadinya cuman Bunda, Kay ma Ayah yang berangkat ke Solo. Paginya kita ke Embah Tanjung (Keluarga dari Bokapnya Ayah)

Kita nyampe Stasiun Tugu sekitar jam 9.30 an kalo ga salahSun Emoticons (wkwkwwkwk ga valid banget) nn, ternyata keretany dah siap mau jalan. Ayah yang tau kalo telat langsung nguber tiket, dan berlari-larilah Ayah dikoridor stasiun dengan terengah-engah (sisan olahraga). Pas keretanya dah mulai bergerak (tapi pelan) jes...jes...jes...tutttttt kita bertiga berlarian kocar-kacir naik salah satu gerbong (padahal, bunda gendong kayla) . Untungnya selamat naik ke gerbong (walo tu gerbong, busyettt rame amir!Sun Emoticons) setelah loding, baru inget ini long wiken, jadiny ga mungkin sepi. Akhirny Kay digendong sama Ayah(duh, kok Kay malah bobok dengan enaknya, wong mau dikenalin ma moda transportasi rakyat murah meriah gini hehehe) . Tapi ya udah, kita tegak dan nempel di deket kamar mandi yang udah disumpel ma tissue (jadinya ketutup rapet dan ga bau) membiarkan sedikit perasaan ma angan kita berdua melayang ke masa-masa pacaran dulu (kita sempet beberapa kali pacaran naik kereta Pramex ke Solo, dan 1 kali nemenin Ayah bikin video project buat kuliahnya). Sempet senyam-senyum sendiri (dikira ORGIL g y? ahhh cuek...Sun Emoticons) soalny, waktu cepet banget berlalu, dari pas pacaran kita naik kereta ini, sekarang dah repotttt gendong anak kemana-mana, akhirnya bisa juga ngerasain naik Pramex ke Solo ma Kay.

Setelah kurleb 2 jam, kita turun di stasiun dan nyambung naik angkot ke Klewer. Jalan ke Klewer ternyta masi lumaya jauh, waduh....karena kita lumayan lama ga keSolo, jalan pake angkot, muterrrrr Sun Emoticons.... sampe lumayan pusing belak-belok masuk keluar jalan kecil. At least, sampai ke Klewer juga. Ujannnn bo! untung dah masuk pasar, Bunda langsung pasang strategi shopping, liat-liat dulu, milih-milih, liat size, warna trus nanya harga, nawar, bungkus trus senyum heheheheeh...Sun Emoticons

Setelah hampir 2 jam, Nda dah nenteng 3 baju buat Kay, 2 Celana batik (ngak tau Ayah mau apa/nggak), 1 setelan baju tidur ma 1 kemeja batik. Ayah ma Kay milih ga ikut, soalny Kay malah narikin batik, jadiny Ayah ma Kay milih motret ma berduaan di tangga pasar. Pas dah selesai, Nda tanya Ayah mau beli apa? ternyata Ayah ga mau apa-apa, ya udah kita cabut dari Klewer cari makan ma pulang.....

Kita naik becak ke salah satu Mall baru yang isinya kebanyakan Batik, kita ke Foodcourt-ny buat nyuapin Kay makan siang. Ternyata View Mall ini asik juga, kaca yang ada di Food court-nya besar-besar dan bisa liat pemandangan Kota Solo, ada sebuah pemandangan persis di seberang kita makan, ternyata ada bangunan kuno yang kalo Bunda ga salah inget pernah diulas di Kompas, ini bangunan Benteng Vastenburg yang sepertinya kurang terurus. Sayang banget, bangunan kuno ini pasti pernah menjadi saksi sejarah kota Solo, tapi kondisinya kayak gitu..........Sun Emoticons

putrikay


Tentang food court ini, mungkin karena baru, nda ga liat makanan yang enak, jadiny cuma beli minum, kasi Kay makan trus kita cabut dan beli makanan di luar (yang ternyata kaki lima lebih puny variasi makanan yang enak2). Nda pesen Nasi rawon, dan karena dah mepet ma jadwal kereta Pramex yang ke Jogya, Nda kepaksa makan di Kereta (ngak mengurangi rasa enaknya Rawon anget pake nasi anget juga) heheehehehehe

putrikay


Kereta dari Solo berangkat jam 13.30 siang, kita dapet tempat duduk (Alhamdulillah) juga dan lagi-lagi Kay tertidur......ZZZzzzzzzZZZZzzz... Sun EmoticonsYa udah sayang, gapapa lain kali kalo kamu gede, mungkin kamu bisa nikmatin perjalanan tanpa tidur.......Sun Emoticons

Embah Tanjung

Liburan Hari kedua kita di Jogja di awali dengan berkunjung ke rumah Embah Buyut Tanjung. Sebenernya namanya embah tu embah Siswo Pranoto (Mbah Sis). Tapi karna mereka tinggal di Dusun Tanjung Sewon Bantul, kita semua cucu dan cicitnya memanggilnya Embah Tanjung.

putrikayEmbah Buyut Kakung sudah hampir satu setengah tahunan meninggal karena sudah sepuh dan ada komplikasi penyakit dalam, waktu itu Kayla baru berumur 40 hari. Saat embah meninggalpun Kayla pergi ke Jogja dan merupakan perjalanan pertamanya juga ke Jogja.

Sekarang tinggal Embah Buyut Putri yang sudah sepuh tinggal di sana, ada embah Kakung (bapaknya Ayah) dan Oom Aga (adik sepupu Ayah). Mereka tinggal di rumah "Tua", rumah di bangun pada masa perjuangan. Kalo menurut Embah (kalo nggak salah), rumahnya dibangun bersamaan taun dengan jatuhnya sebuah pesawat Kargo Dakota VT-CLA di desa Ngoto (500m dari rumah embah) yang mengangkut Obat-obatan bantuan Palang Merah Malaya, dan pada peristiwa itulah Komodor Muda Udara Adisucipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara Adisumarmo gugur.

Embah buyut kakung bernama lengkap Pelda AD Purn Stefanus Siswopranoto sendiri dulu adalah prajurit Heiho (jepang) dan Polisi Militer pada jaman perjuangan dan mempunyai banyak medali penghargaan. Kita semua bangga dengan embah dan sangat menyayanginya. Kayla aja pas di lihatin fotonya yang tepajang di meja persembahan, nggak takut bahkan senyam-senyum kayak sudah kenal lama (hahahahaha). Mungkin ada hubungan batin yang lebih, karena pas meninggalnya Embah Tanjung pas juga Kayla berumur 40 hari dan cucu (ayah) dan cicit terahir yang di tunggu Embah buat lihatin Embah Tanjung. Dan kurang lebih 4 jam dari kita dateng menjenguk, Embah langsung di panggil Tuhan.putrikay

Selama di sana Kayla sangat seneng lari-lari di halaman bercanda sama embah buyut putri dan makan bihun goreng bikinan Embah "Mami" (Tantenya Ayah)

Lanjut Perjalanan berikutnya solo-spirit-of-java

Saturday, May 9, 2009

Main air melulu

Hobi Kay akhir-akhir ini main air, sejak suka diajakin ke kolam renang (khususnya, Uwabong) dan kolam renang umum deket rumah, Kay jadi suka ma air.Emoticons

Cerita pengalaman pertama ke Uwabong, pas Kakung datang awal Januari kemarin dari Palembang, Kakung nggak sendirian, ada kakak sama ayuk (keponakan Bunda) diajak kakung ke tempat Kay. Kakung dah ngerencanain ajak para "pasukan bodrek" itu Emoticonsjalan-jalan ke Uwabong, mumpung liburan. Ya sudah, kita sekeluarga (sabtu siang), sepulang Ayah dari kantor ke Uwabong, jaraknya ga jauh-jauh amat dari rumah Kay. Sekitar setengah jam, Uwabong ini letaknya di daerah Bojong Sari Purbalingga, Jawa Tengah. Arena permainan disini, lumayan komplit dan seru, beberapa wahana baru, kayak Flying Fox, area bebas tsunami dan beberapa wahana baru lain ada disini. Enaknya main ke Uwabong, airnya seger, soalnya daerah BojongSari ini merupakan daerah di sekitar "kaki gunung Slamet", jadi air yang digunakan masi seger.

Begitu menginjakkan kaki di Uwabong, pasukan Bodrek langsung spontan ganti baju dan milih wahana yang disuka. Bunda jagain Kay yang juga ikut ambil bagian sama pasukan bodrek lainnya. Dengan tenang (karena ini pertama kalinya Kay renang), Kay mau juga ikut nyemplung dan main di air. Karena banyak anak lain yang sebaya, pasukan bodrek makin lincah kesana-kesini. Sempet nyewa perahu buat melintasi wahana yang ada di Uwabong, yang berakhir di wahana cangkir tumpah, seru banget...Emoticons
Karena dah lama main di air, dan kerasa laper, pasukan bodrek keluar dari air dan ngabisin persediaan minum, makan dan cemilan lain (dibabat habis), hihihihhihihhi, untung kita dapet free soft drink, jadi lumayan ngebantu pasokan snack.

Awalnya, memang beberapa keponakan (Fikri ma Nadia) takut-takut gitu pas masuk air, tapi Ayah bantu nyobain beberapa permainan, akhirnya mereka PEDE juga (meskipun menggigil kedinginan).....
Tapi, karena udara memang lagi ga bersahabat, ujan deres mengguyur Uwabong sekitar jam 3 sore, padahal aeluruh wahana belum dicobain, pasukan bodrek memang cuek ma ujan yang turun, awalnya sie...tapi pas ujan mulai makin deres, akhirnya mereka nyerah juga harus berteduh, soalny ujannya besar-besar dan anginnya kenceng Emoticons. Kay juga harus diselamatkan ni, ntar malah sakit lagi.
Setelah Bunda mandi, Kay mulai keliatan kedinginan dan rewel, nangis teriak-teriak pas dimandiin. Akhirnya Ayah juga ikut turun tangan bantuin Bunda mandiin Kayla. Setelah mandi, Kay dipakein baju dan dibuat anget (dipakein minyak telon agak banyak peyut ma badanny), kay langsung minta mimik dan ketidur pules diiringi ujan ma petir yang jelegarrr jelegerrr kerasnya....pfftttTHtt...
Pasukan Bodrek menyerah, karena menunggu ujan nggak berenti, akhirnya mereka pada kedinginan dan minta Ayah mandiin mereka semua (heheheeheheh). Sebelum mandi sempet pose dulu, buat kenang-kenangan liburan di Uwabong.....dan, karena pada laper Kakung traktir soto khas sokaraja sebelum pulang ke rumah(uenak'e) anget-anget makanny pas udaranya mendukung kayak sekarang (dingin2)... soto sokaraja, beda sama soto Palembang atau soto Jogya (seperti yang biasa Bunda makan). Soto Sokaraja peke ketupat dan bumbu kacang (as sambal) dan pake daun bawang yang banyak, kalo dari isinya sama, tapi kadang Bunda liat Soto sokaraja dipakein sedikit kuah kayak opor, jadi kuahnya kentel banget (nggak kuah bening kayak soto Jogya) karena bumbu kacang dicampur kuah santan dikit dan kaldu yang kuentel'e pol, makin nikmat saat perut kosong hueheheeheheeheheh....Soto yang kami datengin ini namany Soto Bancar, lumayan terkenal, letaknya (sepertinya) nyempil ke sebuah gang kecil, dan ada sungai kecil disampingnya persis (namany sungai Bancar), jadi kalau makan disini ada suara
gemericik air sungainya juga, jadi lengkap, makanny enak, suasanany asik. Karena laper, keponakan pada nambah, 1 mangkuk soto komplit nambahnya 1 mangkuk baso urat yang juga makk nyusss rasane. Liburan keluarga emang g ada duanya.Emoticons

Pengalaman kedua , Bunda ma Ayah ngerencanain liburan long wiken ke Uwabong. Kali ini cuma bertiga doang, pasukan bodrek ga ikutan (karena dah lama pulang ke rumahny masing-masing). Liburan ini, kami dah bersiap-siap dari rumah jam 6.30 pagi (pernah punya pengalaman kulit gosong karena nekat renang di Uwabong siang-siang dan lupa pake sunblock yang banyak Emoticons). Jadi kali ini ga mau buat kesalahan yang sama, kita niat renangnya pagi sejam setelah Uwabong buka (Uwabong bukany jam 6 kalo g salah). Nyampe di Uwabong, Alhamdulillah belum begitu rame, airnya masih bersih dan (seperti biasa) udara masih sepoi-sepoi sejuk banget.....Emoticonssenengnya, liburan diawali dengan ketenangan kayak gini. Setelah ganti baju renang, nyuapin Kay bentar (karena pagi-pagi berangkat, Kay jadi belum sarapan) dan kita langsung nyebur ke kolam yang seger banget itu.

Matahari mulai beranjak naik, waktu kita mulai nyobain satu-satu wahana yang ada. seru bener, karena makin siang, makin banyak orang yang punya tujuan sama rekreasi ke Uwabong. Sampe 4 jam, ga kerasa kay main di air tanpa istirahat. Waktu wahana cangkir tumpah, kita lama banget disana, karena seru dan tempatnya nyaman, jadi betah....tapi kayaknya, kasian juga Kay lama-lama main di air, Kay sie nggak rewel, enjoy malah nikmatin semua yang ada di sana, mulai mau menggerakkan kakinya, but time is Up! Bunda selesai ah, Kay dimandiin, dibilas sampe bersih (mulai nangis, mungkin baru kerasa capek). Dengan bantuan Ayah (seperti biasa), Kay cepet-cepet kita pakein baju dan dikasi minyak angin, lotion ma bedak biar nyaman,trus langsung di kasi mimik, langsung dewh molor....ZzzzZzzzz, sleeping beauty......Emoticons

Pengalaman yang ketiga, ini kesekian kalinya Kay kita ajak berenang, tapi pengalaman renang ini, lumayan spesial, karen pas kita liburan di Jogya liat Mbah ma keponakan-keponakan Bunda. Kali ini kita renang di IKIP Jogya, renang di IKIP enak juga, kolamnya ada 4 (kalo ga salah 2 untuk dewasa 2 kolam anak-anak). Suasananya (karena di tengah kota) rame, tapi lumayanlah buat jalanin hobi. Pasukan bodrek kali ini jumlahnya 3 (Kak Iqbal, Kak Akbar ma Kay), langsung mengambil posisi di kolam anak-anak yang ada perosotannya. Kak Iqbal ma kak Akbar pede main perosotan sekarang (sempet ga pede dan takut, tapi setelah banyak anak-anak cewek sebayanya berani main perosotan, akhirnya tertantang main dan ketagihan Emoticons...). Ayah ma Kay berdua masi sibuk melatih gerakan kaki Kay yang mulai lincah di air (dan kalo air mengenai muka Kay, Kay dah mulai ga gelagapan lagi kayak pertama kali dulu). Bunda ga ikutan, karena ga bawa baju renang (males dan ga mau nyewa), jadinya cuma ngeliatin ma motret jeprat-jepret aja dari atas. Kita ngabisin 3 jam-an renang disini, pas pulang dah mau maghrib, nanggung kalo pulang, laper soale...heheheehehe
Bunda mutusin ke Amplas makan di A&W sampe ba'da maghrib, Karena malem minggu, mall ini rame dan penuh ma ABG, keluarga, ma orang pacaran yang mondar-mandir. Kay sempetin main di children Playground-nya A&W. Disini, dia digodain cowok kecil, namanya Raffi (giginya yang depan ompong, berapa kali si Raffi ini senyum-senyum sama Kayla, hihihi, anak sekarang ni ya...ada-ada aj).Habis makan, pasukan bodrek akhirnya pulang, setelah sempet mampir main bentar di Timezone. Kita semua pulang ke rumah dalam keadaan lemes, cape dan ngantuk (nggak jadi nonton Narnia yang lagi tayang di RCTI dewh), ga papa yang penting puas dah jalan ma pasukan bodrek yang berisik itu, hihihhihhihihi

Dari sekian pengalaman renang diatas, ditambah pengalaman renang di Kolam Renang SPN (kolam renang deket rumah Kay ini, punya kesatuan Polisi), dah membuat Kay makin suka air, ga takut dingin (sesekali, kalo hawa udara lagi panas ato ga dingin, Kay dimandiin air dingin).
Kalopun, kita nggak lagi punya rencana renang, biasanya kalo Nda lagi nyiramin tanaman di depan rumah, kay nda pakein baju renang, trus Kay akan bantu nyiramin tanaman pake selang air dan masukin air di bak mandi ijo punya Kay, abis itu, dia nyemplung di bak ijo sambil ketawa-ketiwi sampe Ayah pulang kantor dan bawa Kay ke kamar mandi buat dimandiin (Walaupun Kay protes ma Ayah) hihihhihhihihEmoticons